6 Cara Cepat Belajar Mengaji dari Nol Sampai Lancar!

 

Sebagai seorang muslim tentunya orang tua tidak hanya menginginkan buah hatinya memiliki prestasi akademik yang baik saja, melainkan juga pintar mengaji. Dalam hal ini orang tua memiliki peran yang sangat penting karena orang tua harus memotivasi anaknya untuk mau belajar mengaji. Selain itu, orang tua menjadi sosok yang pertama kali mengenalkan dan mengajari anak belajar mengaji. Supaya anak bisa cepat pintar mengaji ada beberapa cara cepat belajar ngaji yang bisa menjadi referensi. 

1. Kenalkan Huruf Hijaiyah

Cara pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mengenalkan huruf hijaiyah. Usahakan untuk mengenalkan huruf hijaiyah dengan cara yang menyenangkan atau menggunakan metode yang sangat seru. Contohnya seperti menggunakan gambar huruf hijaiyah dengan beragam warna. Kemudian gambar tersebut ditempelkan di dinding kamar atau ruang bermain agar anak mudah mempelajarinya. Contoh lainnya yaitu dengan menyanyikan huruf hijaiyah.

Supaya anak lebih semangat belajar mengaji, disarankan untuk membangun komunikasi secara perlahan kepada anak. Komunikasi yang dibangun berisi tentang pentingnya mengaji atau membaca Al-Qur’an. Setelah anak mengenal huruf hijaiyah, ulangi huruf tersebut hingga anak benar-benar hafal.

2. Memahami Tanda Baca (Harakat)

Setelah mempelajari dan hafal dengan huruf hijaiyah, Anda juga harus mengenalkan tanda baca atau harakat. Tanda baca ini berfungsi untuk menentukan bagaimana pengucapan huruf hijaiyah. Tanpa mempelajari tanda baca terlebih dahulu maka anak akan kesulitan dalam membaca iqro maupun Al-Qur’an. Adapun berbagai tanda baca yang harus dipelajari adalah Fathah, Kasrah, Dammah dan sebagainya.

3. Berikan Iqra Terlebih Dahulu 

Ketika anak baru saja belajar mengaji, jangan langsung memintanya untuk membaca Al-Qur’an. Daripada memberinya Al-Quran lebih baik berikan Iqra terlebih dahulu. Berikan pemahaman kepada anak bahwasanya sebelum membaca Al-Qur’an harus lebih dahulu belajar Iqra. Cara ini merupakan langkah yang tepat untuk mengenalkan bacaan Al-Qur’an yang benar dan salah. Ajak anak untuk mulai membaca Iqra per jilid dan mintalah untuk mengulangi bacaan. Dengan cara ini anak menjadi lebih mudah dalam membacanya. Setelah belajar mengaji, berikan pujian kepada anak. 

4. Belajar dengan Konsisten

Cara cepat belajar ngaji selanjutnya yaitu mempelajarinya dengan konsisten. Jika anak tidak belajar mengaji dengan konsisten maka akan menjadi lebih cepat lupa. Oleh karena itu, anak-anak harus diajarkan mengaji secara rutin dan dilakukan setiap hari. Dengan begini maka anak mencadi lebih cepat lancar mengaji.

5. Sering Mendegarkan Al-Qur’an

Saat ini ada banyak media yang bisa digunakan untuk mengajari anak mengaji. Dimana dengan keberadaan media tersebut maka orang tua bisa memanfaatkannya untuk meminta anak lebih sering mendengarkan Al-Quran melalui media tersebut. Selain bacaan ayat-ayat Al-Quran, orang tua juga bisa memutar dzikir saat anak berada di rumah. bacaan-bacaan tersebut bisa diputar melalui Smartphone atau siaran radio yang sedang menayangkan orang membaca Al-Qur’an.

6. Ajak Anak Belajar Mengaji di TPQ atau TPA

Meski di rumah orang tua sudah mengajari anaknya mengaji, untuk lebih memperdalamnya sebaiknya ajak anak belajar mengaji di TPQ atau TPA. Di TPQ atau TPA anak tidak hanya diajari mengaji saja, tetapi juga diajak menghafal bacaan doa-doa, menulis huruf hijaiyah, memperdalam Tajwid dan sebagainya. 

Itulah 6 cara cepat belajar ngaji dari nol sampai lancar. Jika Anda ingin memiliki anak yang pintar mengaji, sebaiknya terapkan cara-cara yang disebutkan diatas sejak dini. Selain anak menjadi lebih cepat bisa mengaji, proses belajarnya juga sangat menyenangkan dan bisa membangun kebiasaan mengaji yang baik untuk masa depannya. 


By: Ashilla Jasmin 9A

Source: https://www.smadwiwarna.sch.id/cara-cepat-belajar-ngaji/


Comments

Popular posts from this blog

Salah Satu Kunci Sukses, Kuasai Banyak Bahasa!

Begini Tips Sukses Menghadapi Ujian Sekolah dalam Islam, Kamu Sudah Coba?

Tips Mengatasi Rasa Malas Belajar