Pidato: Arti, Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Teks

 Pidato: Arti, Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Teks

Foto: Miguel Henriques/Unsplash

Daftar Isi
Ketika berbicara soal pidato, salah satu orang dengan kemampuan berpidato yang mengagumkan adalah Bung Karno. Kepiawaiannya dalam berpidato mampu membuat audiens tergugah dan terbakar semangatnya sehingga Indonesia mampu mendeklarasikan kemerdekaan.
Pidato adalah kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan ide/gagasan dari seseorang kepada khalayak. Ide/gagasan yang disampaikan perlu bersifat informatif supaya memberi manfaat bagi khalayak yang mendengarkannya.

Pidato yang baik tentu harus diawali dengan persiapan yang baik pula. Seseorang yang akan berpidato harus tahu betul yang apa yang akan dia sampaikan di hadapan umum.



Nah, jika kamu sedang mempersiapkan pidato maka kamu sedang berada di artikel yang tepat. Artikel ini akan membahas tentang serba-serbi pidato beserta contoh pidato singkat.

Apa yang Dimaksud dengan Pidato?
Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. KBBI juga mendefinisikan pidato sebagai wacana yang disiapkan untuk diucapkan kepada orang banyak (publik).

Pidato adalah kegiatan menyampaikan gagasan secara lisan. Penyampaian lisan tersebut menggunakan penalaran yang tepat serta memanfaatkan aspek-aspek non-kebahasaan (ekspresi, gestur, kontak mata, dll), yang mendukung efisiensi dan efektivitas pengungkapan gagasan kepada orang banyak pada suatu acara tertentu.

Ciri-ciri Teks Pidato
Teks pidato tentu memiliki ciri yang membedakannya dari teks-teks lainnya. Berikut ini adalah ciri-ciri teks pidato:

Memiliki tujuan yang jelas dan menarik
Isinya mengandung kebenaran
Pidato harus bersifat efektif
Bisa diselingi dengan humor.
Kriteria Pidato yang Baik
Pidato yang baik adalah pidato yang mampu menggugah pendengarnya. Selain itu, terdapat beberapa kriteria lain dari pidato yang baik, yaitu:

Isinya sesuai dengan kegiatan yang sedang berlangsung
Isinya tidak mengandung unsur SARA
Isinya bisa bermanfaat bagi khalayak
Isinya jelas
Isinya benar dan objektif
Menggunakan bahasa yang baik serta mudah dipahami khalayak
Menyampaikan pidato dengan cara yang santun, rendah hati, dan bersahabat.
Cara Menyusun Teks Pidato
Persiapan adalah hal penting dalam melakukan sesuatu. Berikut ini adalah persiapan dan cara untuk menyusun teks pidato:

Menentukan tema atau pokok pembicaraan
Menganalisis karakteristik target audiens
Mencatat ide/gagasan yang akan disampaikan dalam pidato
Menentukan tujuan pidato
Menyusun kerangka pidato yang terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup
Mengembangkan kerangka menjadi naskah pidato menjadi uraian yang detail.
Tujuan Pidato
Adapun tujuan dari pidato yaitu:

Informatif: Bertujuan untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi audiens
Rekreatif: Bertujuan untuk menghibur audiens. Maka dari itu, pidato juga dapat diselingi dengan humor yang sesuai dengan target audiens
Persuasif: Bertujuan untuk memengaruhi audiens untuk melakukan sesuatu sesuai arahan pemberi pidato.
Jenis-jenis Pidato
Jika kita melihat pidato dari sifat dan fungsinya maka pidato terbagi ke dalam beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenis pidato:

Pidato pembukaan: Pidato singkat yang dibawakan oleh pembawa acara di dalam sebuah acara seperti acara pernikahan, seminar, atau ulang tahun
Pidato pengarahan: Pidato yang dilakukan seseorang pada suatu acara resmi yang bertujuan untuk memberi pengarahan dalam melakukan sesuatu seperti pidato oleh dekan dalam mengarahkan acara KKN mahasiswa.
Pidato sambutan: Pidato yang disampaikan di dalam sebuah acara dalam rangka memberikan sambutan. Pidato ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang dihormati di acara tersebut seperti pidato Presiden dalam acara pembukaan event olahraga internasional.
Pidato peresmian: Pidato dalam rangka meresmikan suatu kegiatan, tempat, monumen, usaha, fasilitas umum, dan lain sebagainya.
Pidato laporan: Pidato yang disampaikan dalam rangka melaporkan laporan kepada khalayak
Pidato pertanggungjawaban: Pidato yang disampaikan dalam rangka mempertanggungjawabkan sebuah sebuah amanah yang biasanya dilakukan di periode akhir amanah tersebut.

Baca artikel detikjabar, "Pidato: Arti, Ciri, Cara Membuat, dan Contoh Teks" selengkapnya https://www.detik.com/jabar/berita/d-6241474/pidato-arti-ciri-cara-membuat-dan-contoh-teks.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Comments

Popular posts from this blog

Salah Satu Kunci Sukses, Kuasai Banyak Bahasa!

Begini Tips Sukses Menghadapi Ujian Sekolah dalam Islam, Kamu Sudah Coba?

Tips Mengatasi Rasa Malas Belajar