5 Cara Presentasi Efektif dan Menarik Audiens di Depan Kelas

 5 Cara Presentasi Efektif dan Menarik Audiens di Depan Kelas

tim | CNN Indonesia
Selasa, 10 Jan 2023 13:00 WIB
Bagikan:



Ilustrasi. Cara presentasi efektif dan menarik audiens di depan kelas (iStockphoto/1001nights)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama menjalani fase kuliah, setiap mahasiswa pasti pernah mendapat tugas yang harus dipresentasikan di depan kelas. Bisa itu presentasi tugas mandiri atau kelompok.
Cara presentasi efektif untuk menyampaikan materi pembahasan memang tidak mudah. Ada beberapa keahlian yang perlu dilatih agar saat presentasi tidak sebatas membaca teks.

Lihat Juga :

9 Cara agar Tidak Boros saat Kuliah, Coba Manfaatkan Kartu Mahasiswa
Di antaranya keahlian public speaking yaitu berbicara di depan umum, cara menguasai isi materi, hingga kemampuan berinteraksi langsung dengan para audiens.

Presentasi yang efektif dan menarik audiens tentu bisa menambah nilai kamu dari dosen, sekaligus memperkaya kemampuan diri untuk bekal nanti saat masuk ke dunia kerja.

Cara Presentasi Efektif
Ilustrasi. Cara presentasi efektif dan menarik audiens di depan kelas (Istockphoto/skynesher)
Dirangkum berbagai sumber, berikut cara efektif melakukan presentasi yang baik dan efektif saat di depan kelas.

1. Mempersiapkan materi presentasi
Hal pertama dan penting dipersiapkan yaitu materi pembahasan. Semaksimal mungkin kamu perlu menguasai semua isi materi yang akan dipresentasikan.

Buat slide presentasi berisi poin-poin penting atau juga menambahkan infografis terkait materi dibahas.

Jangan menggunakan latar gambar secara berlebihan. Slide presentasi minimalis dan materi intinya tersampaikan, akan jauh lebih menarik.

2. Mulai dengan pembukaan yang apik
Memasuki waktu presentasi mulai dengan pembukaan menarik dan apik supaya perhatian audiens tertuju kepadamu.

Misalnya, menyapa audiens lalu memutar video yang ada hubungannya dengan materi pembahasan. Atau bisa menyampaikan kutipan dan pepatah sebagai kalimat pengantar sebelum masuk ke inti materi.

Lihat Juga :

Mengenal Jenis Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya
3. Fokus pada kebutuhan audiens
Cara presentasi efektif selanjutnya yaitu pembicara perlu tahu apa yang dibutuhkan audiens ketika mendapatkan materi pembahasan.

Di tahap awal mulai dengan menyampaikan poin penting. Sebisa mungkin jangan terlalu terpaku membaca isi materi secara rinci.

Apabila hanya fokus membaca slide, audiens jadi tidak memahami maksud presentasi kamu karena terkesan seperti mendengarkan orang lagi membaca.

4. Story telling dan melibatkan audiens
Menyampaikan presentasi secara story telling atau bercerita akan lebih disukai audiens daripada hanya membaca isi slide.

Jangan ragu untuk melibatkan audiens selama presentasi berlangsung, sehingga penampilan kamu jadi terlihat lebih santai dan profesional.

Misalnya kamu memberikan pertanyaan singkat ke audiens secara acak, untuk mengetahui respons mereka terhadap materi pembahasan.

5. Latihan dan jangan terlambat
Mungkin kamu merasa gugup sebelum mulai presentasi dan hal ini cukup wajar. Coba tarik napas panjang beberapa kali sampai terasa rileks.

Tidak ada salahnya melakukan latihan terlebih dahulu sebelum presentasi, supaya jadi tahu hal-hal yang sekiranya perlu diperbaiki.

Lihat Juga :

7 Cara Atasi Rasa Bosan saat Kuliah biar Semangat Lagi
Cara presentasi efektif yang terakhir yaitu jangan datang terlambat. Selain mengurangi penilaian dari dosen, kamu dianggap tidak punya persiapan matang di mata teman-teman sekelas.

(juh/juh)
Bagikan:




Baca artikel CNN Indonesia "5 Cara Presentasi Efektif dan Menarik Audiens di Depan Kelas" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230109100800-561-897814/5-cara-presentasi-efektif-dan-menarik-audiens-di-depan-kelas.

Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/

nama almaira balques 9A

Comments

Popular posts from this blog

Salah Satu Kunci Sukses, Kuasai Banyak Bahasa!

Begini Tips Sukses Menghadapi Ujian Sekolah dalam Islam, Kamu Sudah Coba?

Tips Mengatasi Rasa Malas Belajar